IPAL KLINIS & INDUSTRI

Upaya Penyehatan Lingkungan Merupakan Upaya Menyehatkan Dan Memelihara Lingkungan Dan Pengaruhnya Terhadap Manusia. Demi Terwujudnya Derajat Kesehatan Yang Setinggi-tingginya Di Seluruh Lapisan Masyarakat Sebagaimana Yang Termaksud Dalam Tujuan Pembangunan Nasional, Diperlukan Upaya Peningkatan Kesehatan Yang Meliputi Upaya Peningkatan Kesehatan (Promotif), Pencegahan Penyakit (Kuratif) Dan Pemulihan Kesehatan (Rehabilitatif) Yang Harus Dilaksanakan Secara Menyeluruh, Terpadu Dan Berkesinambungan.
Seperti Diketahui, Dari Aktifitas Komersial, Seperti Apartemen, Perhotelan, Pertokoan, Pergudangan, Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit, Rusunawa, Restoran, Supermarket, Pabrik & Industrial Park, Dll, Akan Mengeluarkan Air Limbah (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Minyak, Limbah Gas Amoniak, Dll), Dalam Jumlah Yang Cukup Banyak Dan Apabila Tidak Diolah Dengan Baik, Akan Sangat Berpotensi Mencemari Air Tanah Di Lingkungan Sekitarnya. Air Limbah Klinis, Kimiawi, Industrial, Dll Ini Biasanya Mengandung Senyawa Organik, Senyawa Kimia Serta Mikroorganisme pathogen, yang sangat tinggi kadar konsentrasinya. Jika air limbah tsb tidak diolah dengan baik, tentunya akan menyebabkan gangguan lingkungan atau penyakit terhadap masyarakat disekitarnya.Pada saat ini, ditengarai masih banyak Area / Kompleks Komersial, seperti Apartemen, Perhotelan, Pertokoan, Pergudangan, Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit, Rusunawa, Restoran, Supermarket, Pabrik & Industrial Park, Dll, Yang Belum Mengolah Hasil Pembuangan Air Limbahnya Dengan Baik. Alasan Utamanya Adalah Keterbatasan Dan Rumitnya Desain, Serta Harga Unit Produk Pengolahan Limbah Tersebut Yang Relatif Mahal. Dibutuhkan Kajian Secara Intensif Oleh Para Ahli Yang Kompeten Dan Berprofesi Dibidang Pengolahan Limbah, Untuk Menciptakan Produk Dengan Tekhnologi Yang Tepat Guna, Berupa Unit IPAL Yang Berfungsi Untuk Mengolah Limbah Klinis, Kimiawi & Industrial Tsb…

WWTP (Waste Water Treatment Plant) –  IPAL

PT. BioGIFT Multi Sistem Sebagai Produsen Unit Instalasi Pengolahan Air Limbah Yang Telah Berpengalaman, Khusus Menghadirkan Produk IPAL BIOGIFT  WWTP (Limbah Klinis, LImbah Kimiawi, Limbah Industrial), Tipe: BCR & BHT Series, Yang Kami Disain Khusus Untuk Pengolahan Limbah Klinis (Sisa Darah, Obat Suntikan, Klinik, Puskesmas, Rumah sakit, Dll), Limbah Kimiawi (Oli, Minyak, Lemak, Dll), Limbah Industrial / Pabrik (Kandungan Cat, Kandungan Besi, Kandungan Gas, Bau Menyengat, Dll), Mulai Dari Skala IPAL Portable WWTP Untuk Rumah Tangga (Home Industry, Klinik, Dll), Hingga Yang Berkapasitas Besar IPAL Regular WWTP (Skala Puskesmas, Rumah Sakit, Industri Menengah & Industrial Park). IPAL BIOGIFT WWTP (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Industrial) Terbuat Dari Bahan Khusus FRP (Fiberglass Reinforced Plastic) Yang Ringan, Namun Kuat, Kokoh Dan Tahan Lama, Serta Anti Kropos & Anti Korosi, Tidak Mudah Bocor. Produk IPAL BIOGIFT WWTP (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Industrial) Dapat Mengolah Segala Jenis Limbah Klinis, Kimiawi & Industrial, Sesuai Dengan Kebutuhan Dan Kapasitas Yang Dibutuhkan Oleh Konsumen Kami. Kami Memberikan Garansi Resmi Selama 10 (Tahun) Untuk Semua Tipe & Kapasitas Produk IPAL BIOGIFT  WWTP (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Industrial) Dengan Jaminan Hasil Buangan Limbah (Effluent) Sesuai Dengan Peraturan AMDAL Dari Pemerintah, Sehingga Output Hasil Buangan Limbah Tersebut, Sudah Aman Dan Bisa Langsung Dibuang Atau Dialirkan Ke Saluran Pembuangan/Sanitasi Umum, Tanpa Perlu Adanya Proses Pengolahan Lainnya.

LIMBAH KLINIS (Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit & Limbah Medis Seperti Limbah Obat, Limbah Laboratorium, Dll)
Fasilitas Kesehatan Semakin Bertambah Akibat Cepatnya Pertumbuhan Penduduk Di Wilayah Perkotaan. Seiring Cepat Bertumbuhnya Penduduk Dan Banyaknya Penyakit Yang Mungkin Muncul Di Antara Masyarakat, Menuntut Pemerintah Kota Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Fasilitas Kesehatan Khususnya Klinik, Puskesmas & Rumah Sakit  Sebagai Sarana Pelayanan Kesehatan Dalam Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat. Dari Berbagai Kegiatannya, Klinik, Puskesmas & Rumah Sakit Menghasilkan Berbagai Macam Limbah Baik Limbah Padat, Air Dan Gas Serta B3. Departemen Kesehatan RI Menggolongkan Limbah Medis Berdasarkan Potensi Bahaya Yaitu Limbah Benda Tajam, Limbah Infeksius, Limbah Jaringan Tubuh, Limbah Sitotoksik, Limbah Farmasi, Limbah Kimia, Dan Limbah Radioaktif. Air Limbah Klinik, Puskesmas & Rumah Sakit Merupakan Salah Satu Sumber Pencemaran Lingkungan Yang Sangat Potensial. Hal Ini Disebabkan Karena Air Limbah Klinik, Puskesmas & Rumah Sakit  Mengandung Senyawa Organik Yang Cukup Tinggi, Juga Kemungkinan Mengandung Senyawa-Senyawa Patogen Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Terhadap Masyarakat Sekitarnya. Teknik Pelayanan Kesehatan Yang Kurang Memadai, Kesalahan Penanganan Bahan-Bahan Terkontaminasi Dan Peralatan, Serta Penyediaan Dan Pemeliharaan Sarana Sanitasi Yang Masih Buruk Juga Merupakan Penyebab Tersebarnya Penyakit. Limbah Klinik, Puskesmas & Rumah Sakit Bisa Mengandung Bermacam-Macam Mikroorganisme, Tergantung Pada Jenis Rumah Sakit, Tingkat Pengolahan Yang Dilakukan Sebelum Dibuang Dan Jenis Sarana Yang Ada (Laboratorium, Klinik, Dan Lain-Lain). Air Limbah Rumah Sakit Juga Mengandung Berbagai Macam Kandungan Racun Seperti Limbah Farmasi, Radio-Nuklida, Pelarut Dan Desinfektan Untuk Keperluan Medis Dengan Konsentrasi Yang Tinggi Karena Kegiatan Laboratorium. Limbah Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit & Limbah Medis Seperti Obat, Dll Seperti Halnya Limbah Lain Mengandung Bahan-Bahan Organik Dan Anorganik, Yang Tingkat Kandungannya Dapat Ditentukan Dengan Uji Air Limbah Pada Umumnya Seperti BOD, COD, pH, Mikrobiologis, TSS, Dll.

Berdasarkan Undang-Undang 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Suatu Kegiatan Diwajibkan Untuk Mengolah Dan Mengelola Limbah Hasil Kegiatannya Dalam Rangka Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup Dan Limbah Yang Diolah Dan Dikelola Tersebut Wajib Memenuhi Standar Baku Mutu Yang Berlaku. Dari Undang-Undang Ini Dapat Dijadikan Dasar Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit & Limbah Medis Seperti Limbah Obat, Limbah Laboratorium, Dll Untuk Mengolah Dan Mengelola Limbah Yang Dihasilkan Sampai Memenuhi Baku Mutu Lingkungan Hidup Yang Berlaku. Klinik, Puskesmas, Rumah sakit & Limbah Medis Seperti Limbah Obat, Limbah Laboratorium, Dll Perlu Membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah WWTP (Waste Water Treatment Plant) Yang Mampu Menghasilkan Efluen Yang Aman Untuk Dibuang Ke Lingkungan Dan Memenuhi Baku Mutu. Salah Satu Instalasi Pengolahan Air Limbah Yang Cocok Adalah Menggunakan IPAL BIOGIFT WWTP (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Industrial), Selain Memiliki Efisiensi Yang Cukup Tinggi, Jenis Instalasi Pengolahan Air Limbah Ini Juga Dapat Mengatasi Permasalahan Keterbatasan Lahan Yang Dimiliki Klinik, Puskesmas, Rumah sakit & Limbah Medis Seperti Limbah Obat, Limbah Laboratorium, Dll. Limbah Cair KLINIS (Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit & Limbah Medis Seperti Limbah Obat, Limbah Laboratorium, Dll), Adalah Limbah Dalam Wujud Cair Yang Dihasilkan Dalam Kegiatan Industri Atau Kegiatan Usaha Lainnya Yang Dibuang Ke Lingkungan Dan Diduga Dapat Menurunkan Kualitas Lingkungan. Limbah Cair KLINIS (Klinik, Puskesmas, Rumah sakit & Limbah Medis Seperti Limbah Obat, Limbah Laboratorium, Dll) Adalah Limbah Cair Yang Dihasilkan Dari Aktifitas Pelayanan Kesehatan Khususnya Yang Bersumber Dari Kegiatan Poliklinik (Umum Dan Gigi), Ruang Perawatan, Laboratorium (Medis), Ruang Bersalin, Ruang Bedah, Instalasi Hemodialisis Dan Instalasi Farmasi. Untuk Menghindari Dampak Lingkungan Tersebut, Maka Rumah Sakit Mempunyai Kewajiban Untuk Melaksanakan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Hal Ini Pengelolaan Limbah Cair Dengan Menyediakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) WWTP, Seperti IPAL BIOGIFT WWTP (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Industrial) Yang Praktis, Modern Dan Sangat Ramah Lingkungan. Pengolahan Limbah Cair Dapat Dilakukan Dengan Memanfaatkan Mikroorganisme Secara Aerob Maupun Anaerob Atau Kamar Mandi Karyawan, Kamar Mandi Pasien, Kamar mandi Poliklinik, Aktifitas Dapur, Aktifitas Laundry, Laboratorium, Penangkap lemak, Aktifitas Dapur, Dll.
IPAL BIOGIFT WWTP (Limbah Klinis, Limbah Kimiawi, Limbah Industrial) berguna untuk Menurunkan Kandungan Pencemar BOD, COD, TSS, Serta Kandungan Limbah Kimiawi Lainnya, Yang Sangat  Berbahaya Bagi Lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>